Review Drama Korea Prison Playbook, Mereka yang Memanusiakan Manusia

Judul: Prison Playbook / Wise Prison Life
Jumlah episode: 16
Penulis naskah: Jung Bo-hoon
Sutradara: Shin Won-ho
Tayang: 22 November, 2017 – 18 Januari, 2018

Pemain utama:


Park Hae-soo sebagai Kim Je-hyuk
Jung Kyung-ho sebagai Lee Joon-ho
Krystal Jung sebagai Kim Ji-ho
Choi Moo-sung sebagai Kim Min-chul
Lee Kyu-hyung sebagai Yoo Han-yang
Jung Hae-in sebagai Yoo Jeong-woo / Captain Yoo
Park Ho-san sebagai Kang Chul-doo / Kaist
Jung Woong-in sebagai Sipir Paeng

Sinopsis:


Drama ini bercerita tentang seorang pemain baseball terkenal bernama Kim Je-hyuk yang harus mendekam di penjara selama satu tahun akibat kekerasan berujung pembunuhan yang dilakukannya pada pelaku penyerangan seksual terhadap adiknya. Saat masuk penjara, ia bertemu sahabat lamanya, Lee Joon-ho yang ternyata sipir di penjara tersebut. 

Sebagai sahabat, Joon-ho pun banyak membantu Je-hyuk selama di penjara.

Karena popularitas Je-hyuk, beberapa tahanan merasa iri. Meski di tempatkan di sel yang sama, mereka melihat Je-hyuk diistimewakan. Akibatnya Je-hyuk sempat mengalami kekerasan, bahkan bahunya ditikam oleh salah satu tahanan Ddolmani (Ahn Chang-Hwan), yang akhirnya menyebabkan Je-hyuk cedera.

Je-hyuk pun dipindahkan ke sel lainnya. Di sel keduanya inilah ia bertemu tahanan-tahanan yang mengubah hidupnya.

Sementara itu, cedera yang Je-hyuk alami membuatnya memutuskan untuk tidak lagi bermain baseball. Dan teman-temannya sesama napi, serta para sipir yang juga selalu mendukungnya berusaha mengembalikan semangat Je-hyuk untuk kembali bermain baseball.

Kupas Tuntas:

Jujur, di episode awal aku sempat bingung sama ceritanya dan ngerasa boring. Tapi aku terusin nonton karena banyak yang bilang drama ini bagus. Well, aku baru merasakan betapa drama ini seru waktu masuk episode 6!

Oke, sedikit lama emang. Tapi aku benar-benar suka dan merasa tersentuh dengan cerita drama ini. Alurnya emang cenderung berjalan lambat, khususnya di awal. Tapi ceritanya sangat mengalir dan bikin aku sebagai penonton ikut menyatu dengan karakter-karakter dalam cerita.

Tiap karakter dalam drama ini punya kisahnya masing-masing. Walau emang pusatnya adalah Kim Je-hyuk si pemain baseball, tapi semua punya porsinya. Dan hampir semua karakter dalam drama ini aku suka!

- Lee Joon Ho

Lee Joon Ho adalah sipir penjara yang juga sahabat Je-hyuk. Mereka lama enggak ketemu dan baru bertemu lagi saat Je-hyuk masuk penjara. Di depan semua orang Joon-ho mengaku sebagai fans fanatik Je-hyuk, makanya dia selalu mengawal Je-hyuk selama di penjara.
 
Dia enggak mau orang-orang tahu kalau mereka adalah sahabat dari kecil, tujuannya untuk melindungi Je-hyuk, agar enggak dipandang aneh-aneh karena ternyata punya sahabat seorang polisi. Joon-ho ini punya peran besar banget pastinya selama Je-hyuk hidup di penjara. Pokoknya mereka bromance banget!

- Yoo Han-Yang

Yoo Han-yang dijebloskan ke penjara gara-gara memakai narkoba. Enggak kaya para pemakai lainnya yang biasanya digambarkan dengan sosok preman, Han-yang cenderung memiliki karakter lembut. Yaps! Sempat kaget juga karena ternyata di sini dia memerankan seorang gay. Walaupun demikian, teman-temannya sesama napi tetap menghargai dia.

Di samping itu, karakter Han-yang ini bener-bener ngeramein suasana gara-gara ekspresinya yang kayak orang bego gitu akibat doyan sakau. Dia ini juga salah satu karakter pembawa humor di Prison Playbook.

- Kaist

Kaist masuk penjara karena kasus penipuan. Tapi di penjara bukannya tobat, dia tetap aja pandai menipu, bahkan dia jadi pemasok rokok dalam penjara. Pokoknya ada aja tingkahnya. Tapi walaupun kayak gitu, dia ini sosok yang dibutuhkan teman-temannya.

- Kim Min-chul

Awalnya Kim Min-chul mendapat hukuman mati karena merupakan seorang gengster. Tapi karena kelakuan baiknya dan dia tobat, hukumannya diubah menjadi seumur hidup, dan dia sudah menjalankan hukuman selama 22 tahun di penjara. Dia ini sosok bapak dan juga penengah di dalam sel tahanan. Tapi sekalinya marah, wah bikin orang kaget haha. Dia juga punya kisah masa lalu yang sedih.

- Captain Yoo

Captain Yoo masuk penjara karena difitnah melakukan kekerasan pada anak buahnya di militer sampai meninggal dunia. Kisah Captain Yoo ini juga cukup ngenes sih, kasian ganteng-ganteng jadi korban fitnah hehe.
 
Awalnya Captain Yoo galak banget dan susah didekati. Tapi lambat laun setelah akrab dengan teman-teman satu selnya, Yoo berubah jadi pribadi yang baik. Dia ini teman berantemnya Han-yang dalam sel, cuma berantemnya tuh kocak gitu deh.

Jujur, salah satu penarik aku nonton ini karena ada Jung Hae-in! Gantengnya maksimal broo!! haha.

- Dr Go (Jung Min-sung)

Dr Go adalah korban ketidakadilan, dia di penjara karena korupsi yang dilakukan perusahaannya. Dia diminta bertanggung jawab atas apa yang bukan kesalahannya, dengan jaminan hidup anak dan istrinya aman serta gajinya akan terus dibayar walau dia di penjara.

Ending dr Go ini bikin kesel sih! Kenapa kayak gituu.. Padahal kisah dr Go ini seru banget kalau digali lebih dalam huhu.

- Kim Young-cheol / Jailbird (Kim Sung-cheol)

Young-cheol ini hobinya keluar masuk penjara, makanya dijuluki jailbird. Penyebabnya sih karena faktor ekonomi, jadi doi sering mencuri gitu.

Karena udah sering keluar masuk, dia udah tahu banget seluk beluk penjara. Dia juga yang banyak ngasih tahu Je-hyuk soal penjara. Young-cheol ini setia banget sama Je-hyuk. Bahkan saat udah keluar penjara, dia masuk lagi buat nemenin Je-hyuk yang masih dalam masa hukuman, tujuannya mau memastikan Je-hyuk aman. Soalnya Je-hyuk melakukan sesuatu yang mengubah hidup Young-cheol. Ah pokoknya kisah mereka haru gitu deh.

- Sipir Paeng

Awalnya aku kira karakter Sipir Paeng ini bakalan nyebelin banget! Tapi ternyata.. wow, dibalik sikap dia yang keliatan galak dan cuek, dia benar-benar punya hati yang mulia. Dia ini memperhatikan para napi dengan caranya sendiri. Intinya dia selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk para napi. Dia memanusiakan manusia.

Intinya banyak lagi karakter yang perannya menyentuh dalam drama ini. Sayangnya beberapa karakter tersebut enggak diceritain sampai tuntas hvftt, karena emang fokus ceritanya kan Je-hyuk. Nah, semua karakter di sini tuh walaupun kadang suka berantem tapi ujungnya saling tolong menolong dan melindungi.

Drama ini juga diwarnai kisah cinta antara Je-hyuk dan Kim Ji-ho. Lee Joon-ho dan adik Je-hyuk, Kim Je-hee (Lim Hwa-young). Dan enggak ketinggalan kisah cinta sesama jenis, Yoo Han-yang dan Song Ji-Won (Kim Joon-Han). Kisah mereka semua ini juga punya porsinya sendiri, cukup, dan tidak berlebihan.

Ah pokoknya aku jatuh cinta sama drakor ini, terutama tokoh-tokohnya! Banyak banget nilai moral yang bisa diambil dari kisah ini, salah satunya membuka mata kita bahwa orang baik tuh ada di mana-mana, sekalipun di tempat yang dipandang suram kayak penjara.

So? Aku ngerekomendasiin drama ini untuk ditonton! Saking sukanya aku berharap ada Prison Playbook season 2 hahaha.

BACA JUGA:

Review Drama Korea Extracurricular, Prostitusi Online di Tengah Remaja SMA
Review Drama Korea Dr. Romantic 2, Kepercayaan Mampu Mengubah Hidup Seseorang
Review Drama Korea Itaewon Class, Mereka yang Tak Kenal Menyerah

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Traveling ke Malang Sendirian? Siapa Takut!

Tips Hemat ke Baduy, 2 Hari 1 Malam Cuma Dua Ratus Ribuan

Liburan Sehari di Pulau Pari, Bisa Ngapain Aja?

Batu; Destinasi yang Wajib Kamu Jelajahi Saat Berada di Malang!

Begini Rasanya Sehari Melancong ke 3 Pulau; Kelor, Onrust, Cipir

Review Drama Korea Itaewon Class, Mereka yang Tak Kenal Menyerah

Sekilas Tentang Belitung Bagi yang Ingin Berkunjung

Indahnya Alam Pangalengan; Wisata Situ Cileunca dan Curug Panganten

Review Drama Korea Melting Me Softly, Jatuh Cinta Bagai Menunggu Es Mencair