Review Drama Korea Signal, Pesan Masa Lalu Ciptakan Takdir Baru




Judul: Signal
Jumlah episode: 16
Penulis naskah: Kim Eun-Hee   
Sutradara: Kim Won-Suk
Tayang: 22 Januari 2016 - 12 Maret 2016   

Pemain utama:

Lee Je-hoon sebagai Park Hae-young
Kim Hye-soo sebagai Cha Soo-hyun
Cho Jin-woong sebagai Lee Jae-han

Sinopsis:

Signal bercerita tentang perwira polisi bernama Park Hae Young yang tak sengaja menemukan walkie talkie tua rusak. Ternyata benda tersebut milik, Lee Jae Han, detektif yang sudah lama menghilang dan tak diketahui kabarnya.

Park Hae Young kaget saat walkie talkie rusak itu tiba-tiba mengeluarkan suara Lee Jae Han. Menariknya, Hae Young menerima sinyal dari walkie talkie itu di tahun 2015 sedangkan Jae Han mengaku dia berada di tahun 2000.

Park Hae Young sendiri sebenarnya tidak memercayai polisi karena masa lalunya. Saat masih kecil, ia melihat teman perempuannya menjadi korban penculikan. Saat itu polisi menetapkan tersangkanya adalah seorang laki-laki. Padahal Hae Young tahu pelakunya bukan laki-laki. Namun, karena ia masih kecil kesaksiannya tak digubris oleh polisi.

Belasan tahun kemudian, Hae Young menjadi polisi. Ia pun berniat untuk mengungkap kasus penculikan teman kecilnya itu, sebelum undang-undang pembatasan kasus berakhir. Berkat walkie talkie tua dan transmisinya dengan Lee Jae Han itulah, Hae Young bisa memecahkan kasus tersebut.


Hae Young kemudian dipercaya untuk menangani kasus beku lainnya yang lama tak terpecahkan. Dari sana Hae Young bertemu dengan Cha Soo Hyun, wanita berusia 40-an yang menjadi ketua tim untuk pemecahan kasus dingin, yang ternyata punya hubungan asmara dengan Lee Jae Han.

Sebelum menghilang, Lee Jae Han sempat berjanji pada Cha Soo Hyun untuk pulang dengan selamat setelah menyelesaikan kasus. Namun, hari pertemuan itu ternyata jadi hari terakhir Cha Soo Hyun melihat Jae Han.

Selama memecahkan kasus, Hae Young berkomunikasi dengan Jae Han. Hanya saja, walkie talkie tua itu hanya menyala pukul 23.23. Selepas pukul tersebut, walkie talkie sama sekali tak berfungsi. Sementara itu, Cha Soo Hyun tidak tahu bahwa Hae Young berhubungan dengan Jae Han lewat transmisi dari walkie talkie.

Dalam perjalanannya, dua polisi dari masa berbeda yang berkomunikasi untuk menangani kasus yang sama ini, menemukan banyak fakta. Mereka bahkan mengubah takdir hidup beberapa orang.

Sampai akhirnya, mereka menangani kasus bunuh diri kakak Hae Young yang dulu jadi korban salah tangkap. Serta berupaya menyelamatkan dan mengungkap kebenaran di balik menghilangnya Jae Han.


Kupas Tuntas:

Untuk yang suka nonton film dengan tema detektif dan sejenisnya, drama ini cukup recomended menurutku. Walaupun dibumbui dengan fantasi, walkie talkie rusak bisa ada sinyalnya dan menghubungkan seseorang ke 15 tahun silam hahaha. Tapi tenang, ini enggak menghilangkan rasa penasaran, kesal, marah, bahkan nangis saat aktor-aktornya mencoba mengupas kasus.

Alurnya juga unik. Saat berkomunikasi lewat walkie talkie, keberadaan Jae Han berubah-ubah. Misalnya pada suatu hari ia ada di tahun 2000, lalu tiba-tiba bergerak ke tahun 1989, 1997, terus balik lagi ke 2000. Sementara Hae Young tetap berada di tahun 2015.

Walau drama ini terkesan serius, ternyata ceritanya juga dibumbui kisah cinta. Tapi, jangan ngebayangin kayak kisah cinta muda-mudi jaman sekarang ya. 

Kisah cintanya juga sederhana, antara Cha Soo Hyun dan Jae Han. Enggak terlalu romantis menurutku, ya.. bayangin aja gimana orang tua jaman dulu pacaran kali ya? Tapi tetap berkesan sih. Setianya itu lho, kuat banget. Bahkan sampai 15 tahun Cha Soo Hyun tetap menunggu Jae Han menepati janjinya untuk pulang eaa...

Intinya, waktu nonton drama ini, bakalan muncul banyak rasa penasaran deh. Apa mereka berhasil menyelamatkan kakak Hae Young? Apa Hae Young berhasil menyelamatkan Jae Han dari kematian? Atau apakah sebenarnya Jae Han masih hidup? Atau, jika pun sudah meninggal bisa kah takdir kehidupannya diubah seperti mereka mengubah takdir hidup beberapa orang yang mereka tangani kasusnya. Dan apa Jae Han bisa menepati janjinya pada Cha Soo Hyun, untuk kembali dengan selamat?

Oh ya, dari informasi, beberapa kasus yang ditayangkan dalam drama ini diangkat dari kisah nyata lho. Salah satunya insiden yang terjadi di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan selama enam tahun (1986-1991), di mana ada 10 wanita yang diperkosa dan dibunuh.

Tapi, aku rada kurang srek sih sama endingnya. Hmm kayak enggak jelas gitu lho, sampai pengen nyeletuk, "Ini jadi gimana maksudnya?", "Jadi sebenarnya gimana sih?" hahaha. Akhir film ini emang diserahkan pada penonton, jadi terserah penonton mau menyimpulkan kayak gimana. But overall, keseluruhan drama ini seru banget dan enggak nyesel kalau nonton.

BACA JUGA: Review Drama Korea Dr. Romantic, inilah Arti Dokter Sejati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Traveling ke Malang Sendirian? Siapa Takut!

Tips Hemat ke Baduy, 2 Hari 1 Malam Cuma Dua Ratus Ribuan

Liburan Sehari di Pulau Pari, Bisa Ngapain Aja?

Batu; Destinasi yang Wajib Kamu Jelajahi Saat Berada di Malang!

Begini Rasanya Sehari Melancong ke 3 Pulau; Kelor, Onrust, Cipir

Review Drama Korea Prison Playbook, Mereka yang Memanusiakan Manusia

Review Drama Korea Itaewon Class, Mereka yang Tak Kenal Menyerah

Sekilas Tentang Belitung Bagi yang Ingin Berkunjung

Indahnya Alam Pangalengan; Wisata Situ Cileunca dan Curug Panganten

Review Drama Korea Melting Me Softly, Jatuh Cinta Bagai Menunggu Es Mencair